Bagaimanakah Terapi Kaki X dan Kaki O

0 Comments

terapi kaki x dan terapi kaki o

Kaki merupakan bagian penting tubuh manusia. Kaki menopang berat tubuh dan digunakan untuk berjalan. Jika kaki mengalami gangguan maka anggota tubuh yang lain akan merasakan dampaknya. Salah satu gangguan pada kaki adalah kaki berbentuk O atau berbentuk X.

Kaki O atau genu varum dan kaki X atau genu valgum adalah sejenis gangguan pertumbuhan tulang kaki yang disebabkan terjadinya pergeseran rotasi pada persendian antara tulang lutut dan tulang paha sehingga akibat gangguan ini mengakibatkan sudut yang terbentuk di antara kedua tulang paha dan lutut menjadi tidak normal. Kemudian mengakibatkan pada posisi berdiri. Titik berat tidak bertumpu diantara jari kaki pertama dan kedua seperti kaki normal. Akhirnya anak dengan kelainan kaki ini akan mudah terjatuh, mudah lelah dan aktivitas pun menjadi terbatas.

Pada kaki bentuk x kedua lutut akan berdempetan sementara bagian telapak kaki akan menjorok keluar sehingga jika diperhatikan tungkai akan membentuk huruf X. Sementara pada bentuk kaki o kedua lutut akan saling menjauh sementara telapak kaki berhimpit sehingga tungkai akan membentuk kaki O.

Selain karena faktor genetik, kaki bentuk x atau o bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya; memakai popok sekali pakai dengan cara dan waktu yang tidak tepat. Memakai baby walker bagi anak yang belum cukup umur. Karena anak yang belum kuat menopang badannya akan memaksakan satu kakinya untuk menopang tubuhnya sehingga tidak terjadi keseimbangan. Posisi tidur yang salah. Kebiasaan duduk yang salah serta kebiasaan menggendong yang salah sehingga posisi kaki tidak stabil. Kelebihan berat badan atau lahir dengan posisi sungsang.

Lantas bagaimanakan metode penanganannya?

Penanganan pasien kaki X dan kaki O dilakukan tergantung usia dan tingkat keparahannya. Usia pasien sampai 2 tahun biasanya diobservasi, karena pada usia tersebut masih memungkinkan suatu keadaan normal di mana bentuk kaki x ataupun o dapat menghilang dengan sendirinya.

Kemudian pada pasien usia 2-3 tahun biasanya tingkat keparahan masih pada tingkat awal. Penanganan pada saat itu adalah dengan menggunakan sepatu khusus atau brace (KAFO/Knee Ankle Foot Orthosis) yang dibuat sesuai dengan kondisi masing-masing pasien. Tujuan pemakaian KAFO tersebut adalah untuk mencegah progresifitas kelengkungan dan juga memperbaikinya.

Apabila dalam penanganan ini kelengkungan lutut dan tingkat keparahan bertambah serta sudut MDA juga bertambah di atas 11°, biasanya pasien sudah mencapai usia di atas 3 tahun, maka biasanya dokter akan menyarankan untuk operasi koreksi.

Untuk melakukan operasi pasti butuh pertimbangan yang berat, dan orang tua tentu akan lebih memilih pengobatan yang lain apabila ada solusi selain operasi.

Ada metode terapi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kaki x dan kaki o yang lebih aman dan sudah banyak klien yang sembuh dari bentuk kaki x ataupun kaki o.

Untuk informasi terapi kaki x dan kaki o silahkan kunjungi lokasi klinik terapi di alamat: Jl. Raya Munjul no.46. Cipayung. Jakarta Timur. Telp/WhatsApp: 081280448300 / 081371369687

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments

No comments to show.

Archives

Categories

IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA
Facebook
Twitter
Instagram
YouTube

KONTAK & ALAMAT TERAPI KAKI X

Telpon/WhatsApp:
081280448300 / 081371369687

JL. Raya Munjul RT.04/02. No.46.
Kel.Munjul, Kec.Cipayung. Jakarta Timur

PETA ALAMAT